Meningkatnya Penderita Stroke

Meningkatnya Penderita Stroke

Penyakit Stroke

Stroke adalah suatu yang terjadi karena berkurangnya pasokan darah ke otak yang disebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah menuju ke otak atau pecahnya pembuluh darah menuju keotak, tanpa darah otak tidak akan mendapatakan asupan nutrisi yang memadai dan akan kekurangan oksigen. Sehingga apabila itu terjadi akan berdampak pada kematian sel di area otak.

Jika sel sel diotak mati maka, akan berdampak fungsi tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau fungsi tubuh akan rusak, terjadi kelumpuhan, bahkan kematian.

Gejala stroke dan Penyebabnya :


Kedua lengan tangan lemah / tidak dapat digerakan, atau mungkin salah satu lengannya tidak berfungsi dengan baik.

Kesulitan berbicara, kemampuan bicara tidak baik.

Tekstur wajah akan berubah, bagian salah satu sisi wajah akan kelighatan menurun.

Penderita stroke akan sulit mengenali wajah orang lain bahkan wajah sendiri.

Penyebab stroke :

Stroke iskemik


Sekitar 80% kasus stroke yang terjadi adalah jenis stroke iskemik (iskemia). Stroke iskemik terjadi ketika pembuluh darah arteri yang membawa darah dan oksigen ke otak mengalami penyempitan total, sehingga menyebabkan aliran darah ke otak berkurang.




9 x LEBIH EFEKTIF ATASI STROKE

AMAN TANPA EFEK SAMPING (  PRIA & WANITA )

PESAN SEKARANG JUGA

@Rp. 245.000,- / botol

0858-7692-9800


Stroke iskemik dapat dibagi lagi ke dalam dua jenis, yaitu:

Stroke trombotik


Stroke trombotik adalah stroke yang terjadi ketika gumpalan darah terbentuk di salah satu pembuluh darah arteri yang memasok darah ke otak. Pembentukan gumpalan darah ini disebabkan oleh timbunan lemak atau plak yang menumpuk di arteri (aterosklerosis) sehingga menyebabkan berkurangnya aliran darah.

Stroke embolik


Stroke embolik adalah stroke yang terjadi ketika gumpalan darah terbentuk di bagian tubuh lain, umumnya jantung, terbawa melalui aliran darah dan tersangkut di pembuluh darah otak, sehingga menyebabkan pasokan darah ke otak berkurang. Jenis gumpalan darah ini disebut embolus. Salah satu gangguan irama jantung, yaitu atrial fibrilasi, sering menyebabkan stroke embolik.

Stroke hemoragik


Sekitar 13% kasus stroke yang ada adalah jenis stroke hemoragik. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah dan menyebabkan perdarahan. Pecahnya pembuluh darah di otak dapat dipicu oleh beberapa kondisi, seperti:





  1. Hipertensi yang tidak terkendali
  2. Penonjolan pembuluh darah (aneurisma otak)
  3. Pengobatan dengan antikoagulan (pengencer darah)
  4. Penumpukan protein pada dinding pembuluh darah (angiopati amiloid serebral)
  5. Cedera otak, misalnya akibat kecelakaan mobil

 

Stroke iskemik

Malformasi arteri vena

Ada dua jenis stroke hemoragik, yaitu perdarahan intraserebral dan perdarahan subarachnoid. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Perdarahan intraserebral

Pada perdarahan intraserebral, pembuluh darah di dalam otak pecah, sehingga darah mengalir ke jaringan otak dan merusak sel otak.

Perdarahan subarachnoid

Pada perdarahan subarachnoid, pembuluh darah arteri yang berada dekat permukaan otak pecah, sehingga darah mengalir ke rongga subarachnoid, yaitu ruang antara permukaan otak dan tulang tengkorak.

Selain stroke iskemik dan stroke hemoragik, stroke juga dapat disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak yang terjadi secara sementara. Stroke jenis ini disebut dengan transient ischemic attack.

Penyumbatan pembuluh darah diotak, atau pecahnya pembuluh darah di otak.

Stroke sangat berpotensi pada mereka yang menderita hipertensi / darah tinggi, kolesterol tinggi, beratbadan berlebih dan penderita diabetes.

Hal – hal yang perlu anda lakukan agar terhindar dari penyakit stroke :

  1. Menerapkan pola hidup yang sehat, pola makan, dan minum yang sehat.
  2. Berolahraga secara rutin dan seimbang.
  3. Jangan mengkonsumsi alkohol dan narkoba.
  4. Hindari streesss.





9 x LEBIH EFEKTIF ATASI STROKE

AMAN TANPA EFEK SAMPING (  PRIA & WANITA )

PESAN SEKARANG JUGA

@Rp. 245.000,- / botol

0858-7692-9800